Selamat Datang di PPDB KABUPATEN TULUNGAGUNG


PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

SMA/SMK

Provinsi Jawa Timur 2021/2022


Sekilas Pandang | Tentang PPDB Jatim 2021

  • PPDB Jawa Timur terdapat beberapa jalur yaitu:
    • Jalur Zonasi
    • Jalur Afirmasi
    • Jalur Perpindahan Tugas
    • Jalur Prestasi
    • Seluruh jalur pendaftaran PPDB Jatim 2021 dilakukan secara daring
    • Untuk jadwal dan ketentuan masing-masing jalur silakan cek : Jadwal / Ketentuan
  • PPDB Jawa Timur dapat diikuti oleh Siswa lulusan Jawa Timur yang ingin melanjutkan pendidikan SMA/SMK Negeri di Jawa Timur
  • Ketentuan mengenai pagu tiap sekolah dan presentase kuota penerimaan siswa setiap jalur silakan cek Ketentuan Pagu
  • Penjelasan mengenai Pra-Pendaftaran/Ambil Pin bisa dilihat di Informasi Pendaftaran

Informasi Penting

Hasil seleksi tahap 1 dapat dilihat pada hari Jumat, 7 Mei 2021 pkl 08.00 wib. Silahkan pilih kab/kota sekolah tujuan kemudian login dengan menggunakan nisn dan pin pada menu pengumuman.

Jika dinyatakan tidak diterima di tahap 1, maka dapat mengikuti seleksi tahap 2 s.d tahap 5 dengan menggunakan pin yang sudah dimiliki.

Khusus jalur penyandang disabilitas jika dinyatakan tidak diterima, maka pin sudah tidak dapat digunakan lagi pada seleksi tahap 2 s.d tahap 5.

Khusus jalur pindah tugas orang tua yang dinyatakan tidak diterima, untuk mendaftar di tahap selanjutnya silahkan mengunduh pin baru melalui menu pra pendaftaran dengan menggunakan KK wilayah Jatim atau Kab/Kota lain yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jatim.

Jika dinyatakan diterima, maka dapat daftar ulang online pada tanggal 14 s.d 19 juni 2021, dengan mengunggah surat keterangan lulus/ijasah. selanjutnya datang ke sekolah pada tanggal 21 s.d 30 juni 2021 (selama jam kerja) untuk daftar ulang secara langsung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Verifikasi nilai rapor oleh siswa dapat dilakukan sampai dengan tanggal 17 April 2021 jam 12.00 WIB

Pada tanggal 14 s.d 19 Juni 2021, siswa yang diterima dapat mengunggah Surat Keterangan Lulus/Ijasah.

Pada tanggal 21 s.d 30 Juni 2021, siswa yang diterima datang ke sekolah dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan membawa:

  1. Bukti Pendaftaran dan Bukti Penerimaan yang dapat diunduh pada menu Cetak Bukti di laman ppdbjatim.net;
  2. Surat Keterangan Lulus atau Ijasah (asli);
  3. Kartu Keluarga (asli);
  4. Dokumen penunjang lainnya yang diunggah oleh siswa pada proses pendaftaran PPDB Jatim 2021.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Sebagai salah satu penanggung jawab pembangunan manusia di Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah melakukan banyak terobosan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Salah satu terobosan tersebut adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK, dan SLB Negeri Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2021/2022. Terobosan ini sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Manajemen Pengelolaan SMA, SMK dan SLB Negeri yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sistem seleksi PPDB dilaksanakan secara daring penuh dan cukup berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat agar tidak perlu keluar rumah guna mendaftar ke sekolah tujuan selama masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Jawa Timur.

Besar harapan pelaksanaan PPDB di Provinsi Jawa Timur dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga ALLAH SWT memudahkan, Aamiiin.

Terimakasih.